Warga Budi Aji Mesuji Harapkan RKB Desa

56
BERBAGI

LAMPUNG.KABARDAERAH.COM – Warga Desa Budiaji Kecamatan Simpang-Pematang Kabupaten Mesuji mengharapkan agar segera dilakukan Ruang Kerja Baru(RKB) atau Pembuatan Kantor Desa yang baru pada kantor desa setempat.Karena lebih kurang sudah 29 tahun,kantor Desa tidak pernah tersentuh RKB.

Sontak, kondisi ini membuat warga setempat kesulitan jika ingin kumpul-kumpul mengadakan musyawarah dengan perangkat pemerintahan desa maupun dengan masyarakat,bahkan jajaran kecamatan dan kabupaten.Maklum aja Mas Kantor Desa ini awal dibangun tahun 1988 hingga saat ini,sudah 29 tahun umurnya kantor Desa ini kan sudah terbilang salah satunya Kantor Desa yang tertua di Kecamatan Simpang-Pematang.ujar Masyarakat yang tidak mau disebutkan nama dan identitasnya kepada krew Media kabardaerah.com.

Dari pantauan Kabardaerah.com di lapangan,kantor yang sudah Tua tersebut kondisi dindingnya retak-reta pecah, kemudian Kusen jendela atau kusen pintunya mulai rapuh dan gapuk termakan usia.Kantor Desa yang sudah lama rusak parah dan cukup membahayakan jika warga atau perangkat desa di dalam kantor Desa tersebut takut Runtuh.

Nurul Iksan selaku Sasi Kesejahteraan setempat mengharapkan adanya bantuan dari pemerintah Kabupaten Mesuji untuk membangun atau pun juga merenovasi bangunan tersebut.

“Susah pak kami kalau ingin pertemuan dengan masyarakat atau Kecamatan Karena kondisi kantor yang sudah tidak layak lagi.Jadi selama ini, masyarakat jika ingin berurusan dengan pemerintah desa terpaksa tetap menggunakan kantor Desa ini Meskipun takut dan cemas . Tentunya, bagi masyarakat juga tidak akan leluasa,” kata Nurul iksan ketika dijumpai kabardaerah.com di kantor Desa,Senin(24/10/18)

“Kondisi kantor desa itu dibangun pada masa pemerintahan kabupaten Tulang Bawang, yaitu bersamaan dengan pembangunan kanto Desa Simpang Pematang dan beberapa desa lainnya. Tapi itu dulu, jauh sebelum Kabupaten ini dipecah atau berdirinya Kabupaten Mesuji” tambah pria yang sudah empat ahun menjadi perangkat Desa.

Sedangkan Dana Desa dari pemerintah pusat, diakui Nurul iksan seluruhnya digunakan untuk pembangunan fisik dan pemberdayaan masyarakat sesuai perbub.

“Kalau Dana Desa dari pusat, semuanya digunakan untuk pembuatan jalan rapat beton dan pemberdayaan masyarakat,” sambungnya.

Karena menurut Nurul iksan, kebutuhan masyarakat akan jalan setapak sangatlah penting. Sehingga masyarakat Desa Budiaji tidak terlumpur jika hendak pergi ke kebun.

“Sudah kami usulkan melalui Musrenbang Kecamatan dan Kabupaten agar segera dilakukan renovasi pada dua bangunan itu bahkan sudah kami ajukan proposal untuk semua itu. Mengingat masyarakat yang sangat membutuhkan balai atau tempat pertemuan. Untuk itu, kami sangat berharap Pemkab Mesuji segera melakukan perbaikan pada kantor dan balai desa kami.harapnya.(KD/BE-11/17)