Jalin Sinergi untuk Antisipasi Potensi Kenaikan Harga Jelang Puasa dan Lebaran

208
BERBAGI
Jalin Sinergi untuk Antisipasi Potensi KJalin Sinergi untuk Antisipasi Potensi Kenaikan Harga Jelang Puasa dan Lebaran

LAMPUNG.KABARDAERAH.COM — Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Hamartoni Ahadis mengajak jajarannya merapatkan barisan dengan meningkatkan sinergi baik dengan Pemerintah Pusat, Pemerintah Kabupaten/Kota dan pelaku usaha dalam mengantisipasi potensi kenaikan harga menghadapi Bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1439H. “Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan para stakeholder harus meningkatkan sinergi dalam menghadapi Bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1439H, terutama dalam mengantisipasi potensi kenaikan permintaan barang kebutuhan pokok pada puasa dan Lebaran,” ujar Hamartoni Ahadis saat memimpin upacara mingguan di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung, di Lapangan Korpri Kantor Gubernur, Senin (7/5/2018).

Agar inflasi selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri terkendali, jelas Hamartoni, peran Pemerintah menjadi sangat penting. Sebab, inflasi yang tak terkendali akan berdampak buruk di masyarakat. Pemerintah Provinsi Lampung, lanjut Hamartoni, terus meningkatkan sinergi antar instansi. Salah satunya mengadakan rapat High Level Meeting (HLM) Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) se-Provinsi Lampung sebanyak 2 kaIi dalam kurun waktu 3 bulan terakhir. “Rapat tersebut sebagai bentuk koordinasi dalam memperkuat langkah pengendalian harga sepanjang tahun termasuk periode bulan Ramadhan 1439 H,” jelas Hamartoni.

Hamartoni memastikan ketersediaan pasokan, keamanan dan kelayakan pangan. Juga terselenggaranya operasi pasar (OP) yang bekerjasama dengan Bulog dalam rangka stabilisasi harga secara terstruktur dan merata di seluruh Provinsi Lampung. Selain itu, terselenggaranya pasar murah bekerjasama dengan beberapa BUMN/ BUMD dan Pihak Swasta. Langkah lainnya menjaga keterjangkauan harga dengan tetap konsisten dengan cara bersama-sama memantau perkembangan harga pasar. “Kita juga memastikan rastra dan bantuan pangan non tunai tepat sasaran, mengawasi kelancaran dan keamanan distribusi pangan antar daerah, memastikan ketersediaan BBM dan elpiji, menetapkan dan menghimbau penetapan tarif angkutan mudik,” ujar Hamartoni.

Untuk itu, Ia berharap Pemprov Lampung dapat terus secara intensif melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten/Kota Se-Provinsi Lampung. (KD/BE-01)