Wabup Mesuji Apresiasi Kehadiran IWO Di Bumi Begawi Geram

161
BERBAGI
Wabup Mesuji Apresiasi Kehadiran IWO Di Bumi Begawi Geram

LAMPUNG.KABARDAERAH.COM — Wakil Bupati (Wabup) Mesuji H. Saply TH pada Senin (30/4) mengapresiasi kehadiran Ikatan Wartawan Online (IWO) di wilayah kerjanya.

Hal tersebut diungkapkan pada saat membacakan
sambutan tertulis Bupati Mesuji Khamamik SH pada acara pelantikan pengurus juga IWO Kabupaten Mesuji.

Selain mengucapkan selamat pada pengurus yang baru dilantik, kepengurusan IWO ini diharapkan mampu menjaga soliditas organisasi meningkatkan pembinaan dan profesionalisme anggotanya.

“IWO sebagai organisasi pewarta online tentunya memiliki peran strategis dalam memberikan informasi informasi yang benar kepada masyarakat guna menangkal isu-isu negatif dan berita-berita bohong ( _hoax_) dan selalu berpedoman kepada Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik,” ucapnya.

Selain itu ia berharap seluruh insan pers, khususnya yang tergabung dalam wadah IWO Kabupaten Mesuji, dapat menjadi penyalur kebenaran penyalur fakta dan penyalur aspirasi masyarakat.

“Saya berharap agar IWO ke depan akan senantiasa menjadi mitra Pemerintah Kabupaten Mesuji dalam upaya mensukseskan program pembangunan di Kabupaten Mesuji” pungkasnya.

Adapun pengurus IWO Kabupaten Mesuji masa bakti 2018-2023, secara resmi dilantik, di aula terbuka Taman Kahati desa Mekarjaya, Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Mesuji, Lampung.

Prosesi pelantikan tersebut berlangsung hikmad diawali dengan penampilan tari sembah yang di bawakan oleh siswi SMA Negeri 1 Tanjung Raya, menyanyi kan lagu Indonesia raya dan mars IWO, serta penyerahan bendera pataka oleh ketua IWO Propinsi Lampung kepada Ketua IWO Kabupaten Mesuji.

Pelantikan dipimpin oleh Ketua IWO Propinsi Lampung Wawan Sumarwan di saksikan oleh Wakil Bupati Mesuji H Saply.TH.

Hadir dalam pelantikan itu Sekretaris Dewan Pengurus Pusat (PP) IWO Edward Panggabean, Bendahara Umum PP IWO Dwi Kristianto SH M.Si, Kabag Humas dan Protokol Kabupaten Mesuji Hamdan serta tamu undangan dari OPD Kabupaten Mesuji, serta hadir juga Ketua IWO Kabupaten Tulang Bawang Ade Setiawan, Ketua IWO Kabupaten Tanggamus, pengurus IWO Propinsi Lampung, beserta rombongan.

Ketua Umum IWO Jodhi Yudono dalam sambutannya yang dibacakan Sekretaris PP IWO Edward Panggabean, selain mengharapkan pengurus yang baru dilantiik untuk memajukan organisasi. Ditekankan bahwa untuk dapat diakui peranmya oleh masyarakat tentu butuh perjuangan.

Hanya dengan kerja dan karya itulah jawabnya, sambil melengkapi syarat-syarat ideal sebuah organisasi profesi berskala nasional, mulai dari jumlah anggota, legalitas, serta jumlah cabang di setiap propinsi, ujar ketua PP IWO.

“Apabila kita hendak menjadi konstituen Dewan Pers, maka kita disyaratkan memiliki minimal 500 anggota dan 15 cabang tingkat wilayah dan atau daerah,” kata ketua PP IWO.

Dari data yang ada, setidaknya IWO sudah tersebar di 250 kepengurusan di tingkat propinsi dan kabupaten/kota, dilihat dari surat keputusan yang telah diterbitkan Pengurus Pusat IWO.

“Propinsi yang sudah resmi dilantik untuk pulau Sumatera setidaknya ada 5 propinsi, Sumut, Sumsel, Jambi, Kepri, Lampung,” tekan dia.

Di Lampung lanjut Edward, yang sudah resmi dilantik yaitu pengurus IWO Tanggamus, Lampung Utara dan Tulangbawang Barat, Tulang Bawang.

“Dan hari ini momen bersejarah ada di Kabupaten Mesuji. Menyusul selanjutnya di Kabupaten Lampung Timur, dan Pringsewu. PR selanjutnya Ketua (IWO) Propinsi Lampung Pak Wawan dan jajarannya akan membentuk kepengurusan di Metro, Lampung Tengah, Pesisir Barat dan Way Kanan,” tambahnya. (KD/BE-09)