Musrenbang Tingkat Kecamatan Tentukan Arah Pembangunan Kabupaten Mesuji

51
BERBAGI
Musrenbang Tingkat Kecamatan Tentukan Arah Pembangunan Kabupaten Mesuji

Mesuji, KD — Pemerintah Kabupaten Mesuji. mulai menentukan arah pembangunan pada tahun 2018 dengan melakukan Musyawarah Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan.

Acara Musrembang kecamatan yang diadakan di-Desa Fajar Indah,dihadiri Bpk Wakil Bupati Mesuji,DPRD dapil 2,OPD 2,Bpk KORAMIL,KAPOLRES,Seluruh kepala Kades kecamatan panca jaya dan beserta perangkar desa Fajar Indah.

Hak tersebut, dilakukan pemerintah sebagai upaya dalam menghimpun semua keinginan ataupun harapan masyarakat dalam hal pembangunan yang ada disetiap kecamatan yang nantinya akan menjadi dasar dalam menentukan langkah dan kebijakan, serta prioritas pembangunan yang akan dilaksanakan di tahun 2018 medatang.

Menurut,Bpk Camat Panca jaya Taufiq Widodo, kegiatan Forum Musrenbang merupakan program tetap yang setiap tahunnya dilaksanakan dan merupakan bagian yang tak terpisahkan dari mekanisme perencanaan.

“Tentunya sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah,” ungkapnya di Balai Desa fajar Indah, Rabu (6/2/18).

Taufiq,menuturkan mekanisme semacam ini tidak lain adalah merupakan perwujudan dari sebuah proses perencanaan pembangunan daerah melalui pendekatan yang dikenal dengan istilah pendekatan teknokratis, partisipatif, politik dan Top Down-Botton Up yang kemudian dirangkum menjadi usulan rencana kerja kecamatan.

“Sinkronisasi usulan rencana kerja kecamatan merupakan hasil kesepakatan prioritas kecamatan yang dipadukan dengan hasil Musrenbang tingkat Desa yang telah dilaksanakan sebelumnya,” jelasnya.Taufiq selaku camat Panca Jaya. (KD/BE-11)