Resmikan Taman Gajah, Gubernur Ridho Berharap Seluruh Fasilitas Dapat Terjada dan Terawat

172
BERBAGI
Resmikan Taman Gajah, Gubernur Ridho Berharap Seluruh Fasilitas Dapat Terjada dan Terawat

BANDAR LAMPUNG, KD — Seperti yang telah diagendakan, Sabtu (10/2/2018) ini Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo meresmikan dua lokasi Ruang Terbuka Hijau (RTH). Pagi hari Gubernur meresmikan RTH PKOR Way Halim dan pada malam harinya, Gubernur meresmikan RTH Taman Gajah (Elephant Park) di Lapangan Merah Enggal. Peresmian Taman Gajah tak kalah meriah dengan acara di PKOR Way Halim. Di RTH Taman Gajah terdapat air mancur tematik yang menambah suasana makin indah. Pembangunan Taman Gajah merupakan gagasan Gubernur Ridho agar Bandar Lampung memiliki RTH yang nyaman bagi warga kota. Itulah sebabnya, Gubernur pun menyulap Pasar Seni dan Lapangan Merah Enggal menjadi RTH.

Saat ini, ujar Gubernur, pembangunan RTH masih dalam tahap pertama. Namun Gubernur mengatakan tahun ini pembangunan Elephant Park akan terus dilanjutkan pada tahap kedua agar menjadi lebih baik lagi. Pada kesempatan itu, Gubernur melakukan peninjauan ke beberapa fasilitas.

Gubernur berharap seluruh fasilitas yang dibangun oleh Pemerintah Provinsi Lampung termasuk RTH yang berada di PKOR Way Halim dan Lampung Elephant Park dapat terjaga dan terawat dengan baik. Elephant Park ini adalah persembahan bagi masyarakat, untuk itu saya berpesan agar taman ini bisa kita jaga sama sama kebersihannya, kenyamananya, harapnya.

Gubernur Ridho juga memperkenalkan “Lampung Great Sale” yang diusung IHGMA (Indonesia Hotel General Manager Association) untuk pertama kali di Lampung. Kegiatan in merupakan diskon besar-besaran dari hotel restoran spa, karoke, dan airlines yang digelar selama tiga bulan dari Februai-Mei 2018.

Gubernur berharap hal itu mampu menggenjot perekonomian Lampung. Lampung great sale adalah program pertama kali yang dilakukan di Lampung, semoga bisa terus dilanjutkan, dan bisa digunakan sebagai kegiatan untuk menggenjot perekonomian Lampung, ujar Gubernur, usai mendatangani prasasti peresmian.

Ke depan, ujar Gubernur, dengan segera diresmikannya Bandara Radin Inten II menjadi bandara internasional dan penggunaan jalan tol sepanjang 250 km di Lampung, maka pembangunan Lampung akan semakin cepat, persaingan akan semakin ketat. “Tentu masyarakat membutuhkan ruang untuk melepas penatnya. Kita berharap RTH ini menjadi tempat bagi keluarga, berbagai komunitas dan masyarakat untuk berinteraksi, berekreasi bersama. Elephant Park ini merupakan persembahan kita untuk masyarakat, ujar Gubernur Ridho.

Gubernur Ridho hadir ditemani Ibu Yustin Ficardo, yang juga Ketua Penggerak TP PKK Provinsi Lampung. Tampak pula kedua belah hati mereka menikmati keindahan taman air mancur tematik bersama para pengunjung lainnya. RTH Enggal Elephant Park atau Taman Gajah dengan luas 15 ribu meter persegi berlokasi di pusat Kota Bandar Lampung bertujuan untuk memberikan rasa nyaman bagi masyarakat berbagai kalangan usia di Bandar Lampung. Pembangunan RTH ini dibagi dua tahap melalui dana APBD Murni tahun 2017 sebesar Rp7 miliar dan untuk 2018 ini dianggarkan Rp5 miliar.

Adapun fasilitas yang dibangun pada tahap pertama adalah taman gajah, lapangan multi fungsi (basket dan futsal), lapangan skate board, musolla dan taman manula. Kemudian untuk tahap kedua pembangunan taman bermain untuk anak, yaitu ruang terbuka dan bermain yang menyatu dengan alam, daycare dan Paud sebagai tempat tumbuh kembang anak yang dilengkapi dengan fasilitas bermain dan ruang edukasi. Kemudian ada pula air mancur dan bioskop mini sebgai arena aktualisasi pertunjukkan kesenian dan arena pertunjukkan air.

Elephan Park ini diharapkan dapat menjadi salah satu wahana aksi, edukasi dan kolaborasi diantara sesama komunitas untuk berbagai kegiatan yang positif. Selain itu, Elephan Park ini juga diharapkan dapat menghidupkan kembali komunitas agar lebih interaktif dalam menyalurkan energi yang positif. (KD/BE-9)