Ibu Hasiah Bachtiar Motivasi Guru PAUD Tingkatkan Kompetensi Pedagogik

187
BERBAGI
Ibu Hasiah Bachtiar Motivasi Guru PAUD Tingkatkan Kompetensi Pedagogik

BANDARLAMPUNG, KD — Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung Hasiah Bachtiar Basri memotivasi para guru PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) agar terus meningkatkan kemampuan strategi mengajar (pedagogik) sebagai langkah pengembangan profesi. Hal itu diungkapkan Ibu Hasiah saat membuka acara Orientasi Teknis Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dan Sistem Penilaian Akreditasi Peningkatan Mutu Guru dan Tenaga Kependididikan pada Lembaga PAUD Taman Kanak-Kanak se- Provinsi Lampung, di Hotel Nusantara, Kamis (8/2/2018).

“Mari tingkatkan motivasi dan edukasi bagi Guru/Pendidik PAUD TK sebagai pengembangan profesi dalam rangka untuk meningkatkan kompetensi pedagogik, profesi, kepribadian, dan sosial ke arah yang lebih baik lagi.,” ujar Hasiah

Pada kesempatan itu, Hasiah juga memberi apresiasi kepada Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia, Persatuan Guru Republik Indonesia (IGTKI PGRI) Provinsi Lampung sebagai lembaga penyelenggara Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang aktif mensukseskan program-program Pemerintah.

Selain itu, kata Hasiah, IGTKI PGRI juga senantiasa memperhatikan perkembangan anak sesuai dengan zamannya yang ditunjang dengan kemajuan teknologi serta memikirkan dan menyupayakan generasi selanjutnya yang akan memimpin serta menerima estafet pembangunan. “IGTKI PGRI sebagai wadah pemersatu bagi lembaga pendidikan penyelenggara taman kanak-kanak dan organisasi profesi ini telah berperan aktif dalam mensukseskan program- pemerintah untuk meningkatkan pendidikan anak usia dini,” ujarnya.

Hasiah menuturkan setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang, pendidikan, berpartisipasi serta berhak atas pedindungan dari hal-hal yang merusak anak sebagai aset bangsa.

“Kita harus selalu mendidik anak-anak kita dengan sepenuh hati. Para guru pendidik memegang peranan utama dalam pendidikan dasar seorang anak. Guru menentukan karakter seorang anak, terlebih anak dalam usia masa keemasan,” kata Hasiah.

Ia juga mengungkapkan guru merupakan profesi perjuangan yang berlandaskan pada cinta dan kasih sayang yang tulus. “Saya berharap agar seluruh pendidik/ guru PAUD dan TK se- Provinsi Lampung ini bisa menjadi Lokomotif untuk mewujudkan generasi emas bagi Provinsi Lampung yang kita cintai ini,” ujar Hasiah.
Terselenggaranya kegiatan tersebut, menurut Hasiah adalah bentuk untuk menjawab semua tantangan masa depan anak bangsa, dengan mendahulukan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) guru PAUD. “Ini guna meningkatkan mutu guru PAUD TK dan juga meningkatkan mutu belajar dan pembelajaran se Provinsi Lampung,” kata Hasiah.

“Semoga acara ini dapat mewujudkan tujuan pendidikan Nasional, yang mana IGTKI PGRI Provinsi Lampung selaku organisasi professional harus dapat terus menerus berperan aktif bersinergi dengan pemerintah, untuk mewujudkan generasi emas yang sehat, cerdas, dan berakhlaq mulia,” ujar Hasiah.

Sementara, Ketua IGTKI PGRI Provinsi Lampung, Nisdaryati mengatakan bahwa IGTKI tidak pernah berhenti untuk terus mewujudkan PAUD yang berkualitas. “Tujuannya adalah jika PAUD itu berkualita, tentunya nanti kita bisa menggambarkan generasi kita menjadi generasi emas di 2045. Indonesia akan lebih maju,” ujar Nisdaryati. (KD/BE-9)